Sunday, October 1, 2017

Beberapa Tips Berhemat

http://pelajaran.co.id

Bulan baru telah datang, rekening yang dahaga kini menjadi basah lega, wajah tampak berseri mewangi karena gaji. Tidak lantas hura-hura karena gaji banyak pun kalau boros akan terasa kurang, maka gaji ini kalau di manage secara efektif akan memuaskan, selanjutnya diperlukan beberapa tips, kira-kira seperti itu.


Berawal dari peringatan kemarin bahwa bulan Oktober ini akan sedikit susah untuk bergerak dalam masalah keuangan (Baca tulisan saya kemarin: Mengatur Pengeluaran Keuangan di Bulan September). Hal ini juga untuk mengetahui seberapa efektif tips yang akan saya tuliskan disini dengan kehidupan keuangan selama satu bulan ini dalem banget. Mungkin juga bukan perkara efektif tapi apakah tips ini memang benar-benar saya lakukan sehingga berguna?. jreng jreng jreng

Sebenarnya tidak segelisah itu saya merasakannya, tulisan ini sedikit mendramatisir masalah keuangan selama satu bulan kedepan, supaya lebih berhati-hati saja. Untuk semantara ini saya memang seperti anak kos, bukan anak kos sih tapi orang kos. Empat hari jauh dengan anak istri, berhemat disini berfokus pada diri saya sendiri.

Hal yang bermanfaatpun dapat kita dapatkan dari berhemat. Dana talangan Pribadi, menjadi tujuan pokok dari yang kukerjakan saat ini, beberapa sisa saku akan saya dapatkan dan masuk kedalam kantong dana talangan, sehingga kalau ada keperluan tidak terduga secara pribadipun bisa saya talangi sendiri. Tabungan tanpa menabung, lumayankan kalau dana talangan pribadi sudah ada dana selanjutnya akan mengalir ke kantong tabungan pribadi.

1. Masak sendiri

Walaupun selisih antara masak sendiri dan beli sangat kecil setidaknya lima belas ribu dalam dalam lima hari dapat sebagai satu kali ongkos naik bus ekonomi antara Surabaya dan malang, tapi terkadang kalau gas atau minyaknya habis harus modal di awal, untuk saldo kas saku ditambah satu minggu sekali mungkin berfek di awal saja.

Tentu saja yang dimasak bukanlah hal yang berat-berat, saya tidak mungkin masak soto, rawon, nasi kebuli. Kalau iya masak itu maka lebih jebol kantong ini, lebih menderita dan lebih memakan banyak waktu hehehe. yang lebih enak adalah masak tahu, tempe, telur, sayur bening walaupun akan menjadi rutinitas setiap hari yang monoton.

2. Tidak jajan

Jajanan dipinggir jalan sangat menggoda, apalagi cuaca panas es tebu berjejer begitu terlihat menyegarkan. inilah yang membuat kantong saku bocor begitu besar dan deras, memang hal ini tidak bisa serta merta langsung berhenti dengan tips kata-kata tidak jajan, perlu penahan khusus yang ditempelkan pada otak saya tidak mau jajan biar selamat hahaha.

Jajanan yang memang diperlukan mungkin hanya buah yang bisa disimpan dalam kulkas, cukup efektif dan sehatkan. contoh lebih hemat lagi seperti satu buah pepaya untuk 5 hari ini hemat atau pelit sih.

3. Puasa

Puasa identik dengan ibadah, kalau ibadah harus dengan niat dan tujuan yang benar, kata hemat bukan tujuan utama dari puasa tapi adalah salah satu hikmah dari puasa. Niatkan benar-benar untuk ibadah semoga manfaatnya yang berupa hemat itu bisa kita rasakan.

4. Mendekatkan diri kepada Allah

Tips ini hal yang serius walau tampak seperti guyonan, bayangkan saja bagaimana tidak tergoda dengan jajanan yang super enak itu kalau teman sekantor kita sering membeli melalui gojek dan di makan didepan mata, maka mari mendekatkan diri kepada Allah agar keimanan kita kuat akan godaan itu.

Semoga bisa melakukan, mengawali bulan ini dengan tulisan perencanaan tips berhemat, semoga juga bermanfaat bagi temn-teman pembaca semua



No comments:

Post a Comment