Monday, August 28, 2017

Kecantikan


Suatu hal yang berhubungan dengan wanita ini cenderung mempunyai arti istilah yang bermacam-macam, definisi yang relatif karena cara pandang atau cara pikir masyarakat sebagai tolok ukur. Cara pikir yang mempengaruhi penamilan agar memenuhi kretiria kata cantik yang mereka anut. Misal kriteria cantik menurut orang Thailand berbeda dengan kriteria cantik menurut orang Afrika.


Bahkan menurut dunia ada 3 B yang perlu disematkan jika ingin disebut cantik, karena 3 B ini akan dianggap bisa mengikis kerelatifan arti kata cantik. Brain yaitu pengetahuan yang luas di berbagai bidang, dengan kata lain seseorang dikatakan cantik bila dia adalah orang yang cerdas, mampu paham dan mudah dipahami ketika berkomunikasi. Beauty terkait dengan fisik yang ideal terukur. Langsing, tinggi, seksi mampu mempresentasikan busana yang dipakai. Behavior berkaitan dengan etika sikap perilaku.


Selanjutnya, 3 B memang baik dalam pandangan tolok ukur kecantikan, tapi sebagai muslim mungkin ada hal yang perlu ditambah atau ada hal lain yang mungkin menjadi tolok ukur sendiri.

"Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita sholihah." (HR Muslim)

Ada 3 A indikator wanita shalihah yakni Akidah, Akhlak, Adab. Terkait dengan Akidah ada hadits menyebutkan " Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung."(HR Bukhori Muslim)."

Akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh sesuatu keinginan secara sadar untuk melakukan sesuatu perbuatan yang baik. Terkait dengan akhlak hadits Nabi Muhammad Solallahu'alaihi wasallam “Maukah aku beri tahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata, “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai) 


Terakhir adalah Adab yaitu aturan atau norma yang didasarkan pada agama, terkait dengan adab ini ada hadits 

“Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya, ‘Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai’.” (HR.Ahmad)

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud)

Begitulah seharusnya kecantikan, seseorang harus berusaha berjuang untuk mempebaiki diri terkait dengan Akidah, Akhlak dan Adab ketimbang perbaikan fisik yang cenderung menua.

10 comments:

  1. wah masya Allah konsep 3A nya, setuju sekali.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3A saya sadur dari buku Berseri sebagai IStri Berilmu sebagai IBu di tulis oleh Ustadz Suhadi fajaray

      Delete
  2. MasyaAallah... terima kasih. Ini sebagai pengingat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama bunda, saya juga harus mengingat kalau tulisan saya itu adalah cermin

      Delete
  3. mantap mas, berdakwah lewat tulisan. kalau dari saya masih banyak yang harus dibenerin huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bunda sampaikan walau 1 ayat, sambil berbenah.

      Delete
  4. Bismillah, semoga terjaga ikhtiar sampai rezeki umur berakhir.

    Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Bismillah, berdakhwah lewat tulisan. Bagus mas Bondan. Semangaaat...

    ReplyDelete