Membangun Rumah Tangga Bahagia

Didalam rumah tangga ada beberapa unsur yaitu kepala keluarga, anggota keluarga, aturan-aturan dalam keluarga, tujuan berkeluarga.Seperti organisasi semua element harus bekerjasama sesuai aturan-aturan yang diberlakukan agar tercapai tujuan yang di impikan.

Ada hal mendasar juga yang dapat menghidupkan keluarga bahagia, hal dasar ini adalah ruh dalam kehidupan berumah tangga. mungkin ini berkaitan dengan tujuan berumah tangga. Sejalan dengan penciptaan manusia di Bumi ini adalah menjadi kholifah yang menghambakan diri pada sang pencipta, hal inilah yang menjadi ruhnya.

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku". (Qs. Adzariyat ayat 56)


Ayat diatas menjelaskan tujuan penciptaan manusia yang bersifat vertikal. sifat vertikal ini akan menjadi ruh manusia untuk memperbaiki sifat horizontalnya yaitu sebagai kholifah. ayat ini juga menjadi motifasi utama dalam berumah tangga kalau didalam buku Ustd. Cahyadi Takariawan yang berjudul Menjadi Pasangan Paling Bahagia, beliau menyebutkan


"mengawali kehidupan rumah tangga dengan motivasi ibadah akan mengantarkan seseorang yang melakukannya kepada kemuliaan dan kebahagiaan yang sesungguhnya."

Sebelumnya disebutkan juga dalam pengantarnya bukan materi yang mendatangkan kebahagiaan hakiki, namun keyakinan dan kedekatan kepada Allah yang dapat mendatangkannya; dan bukan kemewahan dunia yang menajmin ketentraman hidup, namun kesetiaan dan ketaatan kepada petunjuk Tuhan.

Diawal dijelaskan beberapa unsur, ibarat pohon yang tumbuh tidak hanya akar. Akar disini kita simbolkan motivasi awal dalam membangun rumah tangga. Tentu awal saja belum cukup untuk diandalkan dalam membangun rumah tangga, harus dilanjutkan dengan prosesnya yang benar.

DILANJUT...


11 komentar

Membangun rumah tangga harus memiliki pondasi yang kuat ya mas

Pengen sekali mas memiliki rumah tangga yang harmonis dan saling mengerti satu sama lain.

berarti tujuan berumah tangga penting banget ya mas *dicatet

aku blum nkah mas hhe,,blum tau rasanya hhee

penting Bund, lebih penting lagi prosesenya Bund. :) blm saya ringkas Bund hasil bacaannya

saya doakan disegerakan mas heheheh

Nggak mudah, karena 2 pribadi disatukan dalam segala hal. Harus bis asaling mengalah ya Mas. MAkasih nih udah diingatkan. Salam kenal ya

Oh ya, aku follow, folbek ya...makasih

iya Bund, manusia punya sifat egois mungkin itu yang membuat sulit untuk mengalah, saling mengingatkan ya BUnd. Lanjutt