Keutamaan Istighfar


Dalam khutbah Jum'at kemarin tanggal 1 Januari 2016 khotib memaparkan tentang keutamaan Istighfar. Istigfar adalah memohon ampunan, sedangkan ampunan adalah penjagaan dan penutup kejelakan dosa.

Istigfar kerapkali disebutkan dalam Al-Qur'an salah satunya

وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
 "Dan mohonlah ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."(Al Muzammil:20)
Istigfar selalu disandingkan dengan kata taubat. Dalam kondisi demikian, kapasitas istigfar ialah ungkapan untuk memohon ampunan dengan lisan, sedangkan taubat kapasitasnya sebagai ungkapan pelepasan dosa dengan hati dan anggota tubuh.


Adapun keutamaannya adalah
  1. Lebih dicintai; Allah Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222). Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR.Bukhari dan Muslim).Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.”(HR.Ibnu Majah). 
  2.  Diampuni Dosa-dosa; “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.”(QS.Ali’Imran: 135-136). Rasulullah bersabda, “Allah telah berkata,’Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengamouni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya).” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).
  3. Mengusir Kesedihan;Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)
  4. Bertambah Kesejahteraan dan Rizki;Allah berfirman,”Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”(QS.Nuh: 10-12).Allah berfirman,”Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(QS.an-Nur: 31). Aisyah berkata,”Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.”(HR.Bukhari).
Semoga bermanfaat

9 komentar

Banyak banget keutamaannya. :) Semoga bisa istiqomah. :)

Kalau fadillah se banyak mbakheeheh

InsyaAllah segala sesuatu hal yang sifatnya jelek(kejelekan) semoga diampuni ALLAH SWT. :)
Jangan lupa untuk terus beristigfar.. :)

Amien
Siap , nabi Muhammad SAW beristigfar lebih dr 70kali tiap harinya

Makasih sudah diingatkan. Semoga kita semua menjadi manusia yang selalu beristighfar pada Allah

semua masalah akan semakin ringan dg istigfar.amien mbak

saya senang baca artikel ini, terutama rasa emosi yang susah dikendalikan terkadang membuat saya lupa diri. semoga dengan membaca ini saya bisa menenangkan hati saya. terima kasih atas posting nya :)

Nasehat yg bagus Mas.. Agar kita slalu ingat utk beristighfar....

Subhanallah ternyata banyak sekali manfaatnya.
Terima kasih sudah membagikan info yang bermanfaat.