Teman Belajar


Hari rabu 9 Desember 2015, pemilihan Kepala Daerah serentak mebuat kegiatan kantor diliburkan, tapi ada satu kiriman ke Malang membuat saya mampir pulang ke rumah Malang.

Ada tugas rumah tambahan yang ternyata sudah menunggu. Menemani Bilqis belajar, esok dia ujian Akhir Semester.

Baru kemarin kami belajar membaca, karena kekurangan Bilqis adalah belum bisa membaca. Sudah biasa ketika ada ulangan atau ujian soal-soalnya dibacakan oleh gurunya dan Bilqis yang menjawabnya, membaca belum bisa apalagi menulis rangkaian kata, tidak begitu masalah ketika soal pilihan ganda, tapi bagaimana ada soal isian, pikirku.

Satu hari full latihan, aku harus cepat dan tepat. Cara belajarnya harus dirubah. Sebelumnya latihan Bilqis dirumah tidak jauh beda dengan waktu dia mengerjakan Ulangan atau Ujian. Kalau seperti ini mungkin agak lama perkembangannya.

Saya mengambil langkah cepat. Tips belajar membaca sebelumnya dalam blog ini sangat membantu. Tema 4 adalah ujiannya besok tentang keluarga. Beberapa kategori sudak saya susun untuk dia bisa membacanya sekaligus menuliskannya.

Satu hari full latihan, bayangkan betapa tersiksanya anak jika di dril semacam itu, eits jangan bilang tersiksa. Dia malah sebaliknya merasa bersemangat, ya wajar ada kala waktu dia merasa bosan, itu mungkin waktunya dia beristirahat untuk sementara.

Tampaknya ada perkembangan yg cepat. Dengan cara mengumpulkan kata-kata dalam suatu tema, dia mulai bisa menulis dan membacanya. Untuk masalah hitung dia sangat jago, jadi dia hanya perlu sedikit waktu untuk mengerti. Untuk masalah menulis perlu banyak waktu.

Tujuan saya dalam menusun kategori dalam dalam pelajaran tema 4. Ketika esok ujian dia tidak lagi terlalu merepotkan guru. Dia sudah bisa menulis kata-kata, dan bahkan membaca serta mengerti yang dibacanya.

Satu hari full latihan mengenal saat dia Bosan, ketika dia mulai tidak nyambung dan terlalu banyak bertingkah, ini waktunya dia beristirahat. Setelah beristirahat Saya anjurkan dia minum air putih dan langsung melanjutkannya kembali, dia kelihatan bersemangat lagi, nyambung dan tertib.

Tidak ketinggalan memang sebelumnya saya ajak dia untuk meminum kopi beberapa teguk, tapi untuk masalah minum kopi perutnya harus terisi dahulu. Kopi juga membuat orang merasa bahagia dan fokus. Ini mungkin salah satu hal yang ektrim yg tidak diasadari pernah dilakukannya.

Harapku wau dia ujian dia tidak lupa, tapi dia tau ketika dia lupa menuliskan kata. Dia akan mencontoh kata-katanya yang mungkin ada dalam soal. Dia mungkin akan lamgsung mengingatnya.

Selamat mengerjakan Ujian Bilqis..

8 komentar

Syukran sayang, sudah bantu gantikan tugas bundanya... Love you full. Barakallah. 😘😘

Wah si Bilqis menonjolnya di matematika, ya, berarti. Semoga untuk kemampuan membaca dan menulisnya lekas berkembang. Ayah bundanya kudu ekstra sabar, nih, membantu belajarnya :)