Merawat Qolbu 1 - Dzikir


Catatan Kajian Hari ini

Qolbu memang Ibarat Sumber Perbuatan, Ibarat dia itu Hati, Jantung dan Pikiran. Qolbu Ibarat Raja dan Tubuh ini adalah tentaranya. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meluruskan Qolbu. karena setiap jasad adalah tanggung jawabnya.

Ketahuilah, bahwa dalam jasad manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik maka baik pula seluruh jasadnya, dan juka ia rusak maka rusak pula seluruh jasadnya. Ketahuilah Bahwa Segumpal daging itu ialah Qolbu.

Bijak sekali kalimat diatas. Ingin mencoba untuk menelurusi atau mendeteksi qolbu ini apakah dia mengalami kerusakan atau tidak?

Pernahkah suatu ketika waktu ibadah tiba, kita merasa malas melakukannya, enggan dan berasa mengulur-ulur waktu?. Pernahkah ketika kita asyik berbincang dengan teman kita, tampa sadar membawa bawa nama dan kejelekan teman kita yang lain?. sebenarnya itu semua adalah gejala ada penyakit yang mulai menggerogoti, saran saya sih segera deh kita beristigfar dan melakukan apa yang wajib kita lakukan tadi.


Dengan berzikir kepada Allah SWT kita sudah memberikan banyak nutrisi kepada qolbu kita. semakin kita banyak berdzikir semakin subur kecintaan kita kepada Allah SWT. Kalaulah kita tidak berdzikir lalu apa yang menumbuhi qolbu kita kecuali atas dorongan nafsu yang dihembukan oleh Setan.

Dzikir adalah salah satu jalan dalam merawat kesehatan Qolbu kita. mungkin yng lain akan dibahas dalam kajian berikutnya.

Seorang Penyair Berkata, yang mungkin kita perlu mengambil pelajaranya.
Orang bodoh mati sebelum kematian datang menjemput, jasad-jasad mereka telah menjadi mayat sebelum mereka dikubur, arwah mereka merasa sendu dalam jasad-jasadnya, sampai pada hari kiamat pin mereka tidak bangkit





2 komentar