Fungsi Buku Penghubung


Buku Penghubung memiliki fungsi yang vital bagi komunikasi pihak sekolah dan para wali murid, yaitu suatu niatan dibangun untuk memelihara komunikasi efektif.


Beberapa manfaat Buku Penghubung, pertama adalah buku penghubung menjadi sarana untuk pemantauan kegiatan siswa di sekolah dan dirumah. Buku penghubung menjadi parameter dasar dari beberapa sikap dan karakter yang harus dilatihkan kepada anak setiap hari. Ketiga, orang tua dan guru dapat menulis pesan dan kondisi terkini siswa agar masing masing pihak dapat memberikan follow up terhadap pesan tersebut.(disadur dari Buku Smart parents for smart students).

Namun tidak terlepas darifungsinya jika ini tidak dilakukan maka yang terjadi sama saja dan bahkan akan menimbulkan chaos. Beberapa hal yang kita temui dari kondisi real yang kurang baik dalam mengimplementasikan buku penghubung ini.

Beberapa kesalahan implementasi buku penghubung

  1. .   Buku penghubung digunakan sebagai sarana untuk menakut-nakuti anak agar mau melakukan tugasnya,
  2.       Buku Penguhubung ditulis tidak sesuai dengan kondisi riil anak, 
  3.       Buku penghubung ditulis sesuai dengan permintaan anak 
  4.       Tidak ada tindak lanjut terhadap informasi yang ada pada buku penghubung, 
  5.       Orang tua atau guru tidak memiliki kepedulian untuk mengisi buku penghubung.

Hal diatas ada sering terjadi di lingkungan kita, sebuah evaluasi yang di adakan oleh buku smart parents for smart students, sebagai renungan bagi para orang tua dan para guru, untuk benar benar mengimplementasikan secara benar fungsi dari buku penghubung. Komitmen semua pihak, khususnya orang tua dan guru untuk menyukseskan program ini.